muda dan olahraga







Foto ini diambil saat tadi sore mulai lagi lari-lari sore setelah sebulan jeda akibat sakit. Biasanya bisa lima keliling, atau dua kilometer, tapi tadi cukup 1,2 kilometer saja. Seiring ingin sehat, lari sore hari juga punya niatan untuk mengurangi lemak di badan. Kurang lemak berakibat lingkar pinggang mengecil dan celana jadul bisa dipakai lagi, hehe.


Foto ini diambil di Musara Alun. Lapangan kebanggan masyarakat Takengon, Aceh Tengah. Dulunya, ini berfungsi sebagai lapangan bola, gelanggang pacuan kuda, dan lapangan upacara. Sesekali juga digelar balapan motocross dan sejenisnya. Pentingnya semua perayaan rakyat ada di sini.

Kali ini juga tak jauh beda. Namun telah berdandan mengubah diri untuk menjadi ruang publik. Jadi ini menjadi tempat orang berkumpul berolahraga sore, refreshing, dan aktifitas ringan lain. Jadi, turnamen resmi untuk sepakbola, pacuan kuda, motocross, dan hal lain yang bisa "merusak" lapangan dihijrahkan ke tempat lain.

Sudah lama tak menikmati suasana Musara Alun, sejak 1992 hingga 2009. Saat mulai berkunjung kemari ada perubahan dari segi kuantitas jenis kegiatan yang dimainkan oleh pecandu kegiatan masing-masing. Mulai dari sisi timur, ada panjat dinding, semakin ke arah barat, ada bola voli, basket, latihan bola, dan beberapa cabang yang punya jadwal tersendiri. Di sela-sela itu semua tentu ada yang jogging di lintasan lari.

Secara kualitas, bila dibandingkan dengan dahulu, pecandu dan penggiat di sini adalah anak-anak muda. Dari segi ukuran badan dan air muka, mereka tak lebih dari 16 tahun. Ini suatu hal yang membanggakan bagi saya sendiri. Karena sedari muda olahraga menjadi gaya hidup. Hehe, terlalu berharap memang untuk mengatakan menjadi gaya hidup. Tapi itu harus terus dipertahankan. Tak harus menjadi atlet. Tapi berprestasi karena sehat raga akan membawa sehat jiwa. Bila dilakukan dengan baik dan benar secara kontinyu, akan menjadi generasi yang sehat. Sehat pada tubuh, juga sehat pada akal dan pikiran, sehingga akan tumbuh sebuah ide dan wawasan yang sehat.








semoga bukan hanya harapan saja. doa saya, semoga ini menjadi kenyataan.


0 Response to "muda dan olahraga"