kolam pemandian air panas



Kemarin, bersama istri dan anak jalan-jalan ke kolam pemandian air panas di Bandar Lampahan. Dulu sih, itu nama kampungnya. Tapi ntah saat ini, di saat pemekaran kampung udah mulai marak. Ini kali kedua singgah kemari. Memang niat mandi di sini hanya ingin refreshing sahaja, tak lebih. Hal-hal lain yang menjadi manfaat saat mandi di sini adalah bonus.


Pemandian air panas ini berada di Kabupaten Bener Meriah. Dari Takengon tempat saya tinggal berjarak sekitar 22 kilometer lebih ke arah barat. Menurut info, tempat ini masih baru, kurang lebih satu tahun (semoga tak salah :D). Pemandian ini adalah yang kedua setelah kolam pemandian yang ada di Simpang Balik, yang hanyak berjarak beberapa kilometer dari Bandar Lampahan.

Tempat ini dibagi dua bagian. Ada yang untuk lelaki dan ada untuk perempuan. Jadi tak usah khawatir malu, hehehe. Seperti yang ada di foto, tempatnya lumayan luas, bisa puluhan orang nyebur bersamaan.

Di kompleks pemandian ini juga ada beberapa kios kecil yang menjual makanan dan minuman. Juga ada lahan parkir, dan lapangan voli yang sering digunakan oleh pemuda setempat.

Infrastruktur yang sudah ada sebaiknya dipoles lagi agar lebih segar dan hijau. Karena di sana kurang sekali tempat sampah. Jadi sampah dibuang ke lahan kosong yang ada di pinggiran lokasi. Juga dibandingkan saat pergi pertama kali sebulan lalu, lantai pemandian juga sudah mulai tersedimentasi, dan sampah dari beberapa sachet shampoo juga bertebaran dimana-mana. Tentu bila tak terperhatikan, akan mengganggu keindahan dan kenyamanan para pengunjung.

Tentunya, walau tempat ini punya pribadi, dan kita juga harus membayar 2000 rupiah per orang, tak salah kita sebagai pengnjung menjaga juga kebersihan. Minimal, takbuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya, :D.

0 Response to "kolam pemandian air panas"