empat tahun gempa jogya

Dari plurk sebuah teman saya teringat hari ini empat tahun lalu ada bencana besar yang melanda Nusantara ini. Tanggal 27 Mei 2006 lalu, daerah Jogyakarta dan sekitarnya di sebagian wilayah Jawa Tengah dilanda gempa bumi tektonik. Gempa yang berkekuatan 5.9 Skala Richter versi BMG dan 6.2 Skala Richter versi USGS ini terjadi di pagi hari pukul 05.55 WIB.

Banyak juga korban jiwa yang terjadi saat gempa bumi terjadi. Termasuk juga bangunan, banyak juga yang runtuh dan rusak akibat goyangan gempa bumi. Tak hanya rumah, gempa ini juga merusak bangunan umu seperti perkantoran, mall, dan bangunan umum lainnya seperti sekolah dan kampus.

Empat tahun sudah berlalu. Semoga masa rekonstruksi khususnya bangunan rumah telah selesai dan tak kurang satu apa pun. Dengan bantuan dana APBN sebesar 15 juta rupiah di daerah Bantul dan sekitarnya, juga dana 20 juta rupiah di daerah Klaten, tak menjadi penghalang rumah selesai dibangun dan tentu saja sesuai dengan kaidah bangunan yang layak dan paling tidak aman di saat gempa terjadi di kemudian hari.
Cerita ini menjadi duka cita bersama. Semoga mereka yang telah mendahului kita di saat gema terjadi dapat pergi dengan tenang. Tentu doa kita yang juga menyertai mereka. Amin.

0 Response to "empat tahun gempa jogya"