gempa bumi, 9 mei 2010

Walau berada di Takengon, sekitar 165 Km dari pusat gempa di 95.84BT, 3.61LU, arah Timur Laut. Gempa yang terjadi tadi siang lumayan kuat goyangan-nya. Aku sih sedang makan siang di rumah Ibu dan sedang menonton pertandingan Piala Thomas antara Indonesia dan Australia di TVRI. Karena goyangan semakin lama semakin kuat dan Ibuku berhenti dari shalat rawatibnya, aku berhenti makan dan menuntun Ibu keluar yang dilanda panik.


Hanya satu bulan setelah gempa Pulau Banyak, Aceh Singkil. 7 April 2010 lalu, sekarang terjadi lagi sekitar 192 Km ke arah barat laut.

Tak ada tsunami yang terjadi. Walau BMKG menyatakan sesaat setelah gempa, bahwa lindu ini potensi terjadi tsunami. Sedangkan kerusakan di dekat episentrum, belum pasti bagaimana tingkat kerusakannya. Di Metro TV, saat breaking news, staff BMKG mengatakan bahwa di tengah lautan terjadi kenaikan gelombang setinggi 20 cm, namun hingga 1,5 jam tak terjadi gelombang tinggi terjadi di daerah pesisir, hingga BMKG sendiri menyatakan bahwa potensi tsunami tak terjadi akibat gempa tadi.

Negeri ini memang rawan gempa, tak Aceh, Maluku, Jawa, dan lain-lain memang merupakan daerah yang dekat dengan patahan. Semoga kita terus waspada dibantu dengan instansi yang terkait seperti BMKG dan BPPT, risiko korban jiwa akibat gempa bumi dan tsunami dapat diperkecil.

Saatnya kita bisa beradaptasi bagaimana menghadapi bencana.

0 Response to "gempa bumi, 9 mei 2010"