Air di rumah tak datang

Risiko tinggal di dataran tinggi dengan topografi yang naik turun adalah kurangnya pasokan air bersih dari PDAM. Harus ada beberapa stasiun air bersih yang meng-cover beberapa daerah layanan sesuai dengan kontur atau ketinggian yang bisa dilayani. Bila tidak, tentu air yang dari stasiun tak akan mampu menjangkau saluran rumah di setiap pelanggan PDAM.Konon lagi stasiun air yang ada saat ini juga tak terurus dengan baik, tentu air takakan mengalir sampai jauh.Memang masalah ini dibarengi dengan pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan kebutuhan akan perumahan yang tinggi. Ini mengakibatkan supply air yang tak optimal.Hingga akhirnya banyak orang yang mencuri air bersih dengan memasang pipa siluman di sana sini.


Itulah kondisi di Takengon saat ini. Tahun lalu menjadi puncak kekurangan supply air bersih di sini.tentu bisnis sumur bor laku keras. Hingga pemerintah membuat stasiun baru yang akan mengeksploitasi air dari Danau Laut Tawar. Namun karena pembangunan ini berbau politis, ya tertunda operasinya.

Kembali ke masalah awal, banyaknya pipa siluman tak menyadarkan orang hanya mengakibatkan loss energy. Akibatnya ada beberapa rumah dan saluran rumah tak teraliri air. Akibatnya ya harus dipompa, dari pompa ban sepeda hingga kompressor.

Hasilnya dari kemarin hingga malam ini,air tak masuk ke rumah. Tentu karena ada penyumbatan di pipa. Ya, penyumbatan ini juga akibat maintain yang buruk, dan ini bukan yang pertama terjadi di sambungan rumahku. Tapi itu jga ditambah akibat loss energy. Ya, esok pagi harus pompa lagi pipa yang menyalurkan air ke rumah yang letaknya 50 meter ke sebelah utara dari rumahku.
Semoga besok lancar kembali.

Oya, masalah ini sudah dilaporkan ke pihak berwenang. Bukan maksud menambah beban mereka. Namun sembarang perbaiki akan berpengaruh pada orang lain, dan biasanya itu illegal, :D.

0 Response to "Air di rumah tak datang"